Tanda Terpenuhinya Kebutuhan Asi Bayi

Dalam menumbuh kembangkan bayi yang baru lahir, banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh ibu dalam mendukung tumbuh kembang bayi, salah satunya adalah dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk bayi agar tumbuh kembang berjalan dengan optimal dan juga agar bayi terhindari dari berbagai jenis penyakit yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Kebutuhan gizi dan nutrisi bayi harus selalu dipenuhi karena akan sangat berguna untuk tumbuh kembangnya hingga dewasa. Salah satu kebutuhan asupan yang harus diberikan kepada bayi adalah asi bayi. Kebutuhan asi bayi ini adalah hal yang sangat penting dan sangat wajib untuk dipenuhi agar bayi sehat, dan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Asi dari ibu yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan asi bayi ini akan terlihat dari tanda-tanda yang tampak langsung pada bayi, jika bayi menunjukkan tanda-tanda terpenuhinya kebutuhan asi bayi, maka tentu hal itu akan melegakan dan membahagiakan bayi ibu. Namun, jika bayi menunjukkan tanda-tanda kurang terpenuhi atau bahkan tidak terpenuhi kebutuhan asi bayi, maka hal ini menjadi peringatan pada ibu untuk lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan asi bayi.

Tanda-tanda dari terpenuhinya kebutuhan asi bayi ini bisa dilihat langsung dari perubahan pada bayi yang bisa dicirikan, hal ini menjadi hal yang menguntungkan karena dapat dijadikan patokan atau ukuran bagi ibu dalam memenuhi kebutuhan asi bayi. Selain itu, jika bayi juga kurang terpenuhi kebutuhan asi bayi, juga bisa langsung tampak dan bisa langsung dicirikan dari perubahan yang juga ada pada diri bayi, dan hal ini berguna untuk para ibu dalam memberikan kebutuhan asi bayi yang lebih optimal. Apa saja tanda terpenuhinya kebutuhan asi bayi yang bisa dicirikan langsung oleh ibu? Berikut ini adalah tanda terpenuhinya kebutuhan asi bayi yang bisa Ibu perhatikan dengan mudah.

  • Bayi tenang

Jika kebutuhan asi bayi terpenuhi, maka bayi akan terlihat tenang dan tidak rewel tanpa sebab dan alasan yang jelas. Ketenangan bayi yang didapati dari terpenuhinya kebutuhan asi bayi ini membuat bayi duduk, tidur, dan bergerak dengan tenang.

  • Berat badan bertambah

Setelah dua minggu pertama kelahiran bayi, berat badannya akan bertambah karena kebutuhan asi bayi yang terpenuhi dengan baik. Pertambahan berat badannya sekitar 5 hingga 10 ons setiap minggu di bulan pertama dan 2,5 hingga 4,5 ons setiap minggu saat usianya 2 hingga 3 bulan.

  • Payudara terasa kosong

Tanda lain dari terpenuhinya kebutuhan asi bayi adalah payudara ibu terasa kosong karena kandungan susu asi telah diberikan kepada bayi secara optimal. Payudara ibu akan terasa kencang karena kebutuhan asi bayi belum diberikan secara optimal pada bayi.

  • Pipi merona

Tanda dari kebutuhan asi bayi yang terpenuhi secara optimal lainnya adalah ketika pipi bayi dicubit secara lembut, maka akan mengeluarkan rona kemerahan yang sehat sebagai tanda telah terpenuhinya kebutuhan asi bayi.

  • Buang air

Jika kebutuhan asi bayi telah terpenuhi dengan optimal, setelah berumur beberapa hari, bayi ibu mungkin akan buang air besar setidaknya dua kali dalam sehari dengan warna kuning atau warna yang gelap dan setelah hari ke 15, warnanya akan berubah menjadi lebih cerah.

  • Tidur nyenyak

Biasanya bayi memang akan banyak tidur, namun tanda dari terpenuhinya kebutuhan asi bayi adalah bayi akan tidur dengan nyenyak tanpa sering bangun dan menangis atau rewel. Bayi yang sudah terpenuhi kebutuhan asi bayi akan tidur dengan lebih nyenyak, pulas, dan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *