Categories
Uncategorized

SEHATQ.COM: 3 JENIS PENYAKIT HERPES YANG PERLU KAMU KETAHUI

Mendengar penyakit herpes, untuk kebanyakan orang langsung tertuju pada penyakit kelamin. Padahal, penyakit herpes ini ada banyak macamnya. Sebelumnya, kamu perlu tahu apa itu penyakit herpes. Penyakit herpes sendiri merupakan salah satu penyakit kulit yang banyak dialami. Anak-anak sampai orang dewasa pun bisa terkena penyakit herpes ini. Timbulnya herpes di kulit ini dikarenakan infeksi virus varicella-zoster. Yang mana virus ini juga bisa menyebabkan penyakit cacar.

Ketahui 3 Jenis Penyakit Herpes Ini

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, seperti apa tanda dari penyakit herpes ini. Secara umum, munculnya penyakit herpes ini bisa ditandai dengan beberapa gejala. Seperti luka melepuh yang terasa nyeri, gatal dan panas. Kemudian terjadi keputihan, sakit kepala, pegal-pegal, demam dan gejala lainnya. Penyakit herpes ini bisa muncul di wajah, sekitar bibir, vagina, paha, serta bagian tubuh lainnya. Untuk penyakit herpes ini sendiri pun bisa menular. Penularannya bisa dari berciuman dengan penderita, bertukar alat make up atau baju dan lainnya.

Untuk penyakit herpes sendiri pun ada beberapa jenisnya. Diantaranya sebagai berikut ini:

  1. HSV Tipe 1

Merupakan salah satu jenis herpes simpleks. Dimana HSV tipe 1 ini penyebarannya sangat cepat, karena biasanya bagian mulut atau oral yang terinfeksi. Namun, HSV tipe 1 ini juga tidak menutup kemungkinan bisa menyerang dan menginfeksi area genital lewat hubungan sex oral.

Contoh simpel penularan HSV tipe 1 ini adalah ketika kita berciuman dengan penderita. Selain itu juga bisa menular ketika menggunakan alat makan yang sama dengan penderita. Bahkan dari meminjam lipstik atau alat rias lain dari penderita juga menyebabkan penularan dengan cepat. Gejala yang dirasakan ketika terserang oleh HSV tipte 1 ini adalah rasa nyeri otot, deman, gatal dan muncul blister di area infeksi.

  • HSV Tipe 2

Penyakit herpes yang satu ini sering disebut dengan herpes genital. Hal ini karena memang virus tersebut menyerang alat kelamin. Sesuai dengan namanya, penularan penyakit HSV tipe 2 ini adalah karena hubungan seksual yang tidak menggunakan alat pengaman. Sehingga langsung kontak antar kulit dengan penderita. Untuk virus herpes ini pun bisa menular pada bayi atau janin dari ibunya.

Banyak kaum wanita yang bisa dengan mudah terjangkit HSV tipe 2 ini. Orang-orang yang suka berganti pasangan pun memiliki risiko tinggi untuk tertular HSV tipe 2 ini. Gejala yang terasa ketika terjangkit HSV tipe 2 ini adalah vagina mengeluarkan cairan, sakit saat buang air kecil, rasa gatal dan muncul benjolan di area selangkangan.

  • VZV

Jenis penyakit herpes VZV atau varicella-zoster virus ini dikenal menjadi sumber utama penyebab timbulnya penyakit cacar air, cacar ular atau herpes zoster. Ketika pertama kali menginfeksi, VZV menyebabkan cacar air. Saat cacar air sudah sembuh, tetapi virus tersebut masih ada maka akan menjadi cacar ular. Yang mana sifatnya tersembunyi dan bisa muncul berulang kali. VZV ini pun bisa menular ketika kita kontak langsung dengan penderita. Penyakit ini pun juga menimbulkan bintil-bintil pada kulit yang berisi cairan.

Nah itulah beberapa jenis penyakit herpes yang perlu diketahui. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai penyakit herpes. Ada satu rekomendasi platform kesehatan terbaik, yakni SehatQ.com. Di SehatQ ini terdapat direktori penyakit yang isinya beragam jenis penyakit. Kamu tinggal klik huruf H untuk Herpes. Nantinya akan masuk ke laman berisi nama-nama penyakit dari huruf H. Nanti kamu tinggal klik Herpes dan akan mendapatkan informasi lebih terperinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *