2594 Lynn Ogden Lane

Blog Details

Home   /   MENGENALI JENIS KULIT WAJAH DAN CARA MERAWATNYA

Kulit wajah yang sehat dan glowing sekarang jadi dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Untuk memiliki kulit wajah yang sehat, tentu kita harus memilih perawatan yang cocok dengan jenis kulit. Setiap orang tentu memiliki jenis dan warna kulit yang berbeda-beda. Masing-masing jenis kulit ini tentu memiliki jenis perawatan yang berbeda. Jenis kulit wajah bergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi. Seperti kandungan air yang mempengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang mempengaruhi kelembaban dan nutrisi kulit. Tingkat kepekaan kulit terhadap zat atau bahan tertentu dan juga dapat dipengaruhi seiring bertambahnya usia. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik dan penyakit.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, jenis kulit wajah dibagi dalam beberapa jenis. Berikut ini jenis kulit serta cara merawatnya:

  • Kulit wajah normal

Jenis kulit ini memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak pada wajah. Sehingga tidak kering tetapi juga tidak berminyak. Tingkat kelembaban kulit wajah normal cenderung pas. Jenis kulit normal jarang sekali memiliki masalah kulit dan tidak mudah sensitif. Kulit jenis ini juga nampak bercahaya dengan pori-pori yang cenderung tidak terlihat. Perawatan kulit normal ini lebih mudah dibandingkan jenis kulit lainnya. Perawatan nya bisa menggunakan sabun cuci muka yang memiliki kandungan kolagen. Bisa juga ditambah dengan krim yang bersifat melembabkan kulit atau menggunakan minyak zaitun secara rutin.

  • Kulit wajah berminyak

Jenis kulit berminyak ini dikarenakan produksi di kelenjar minyak wajah yang berlebihan. Meskipun minyak yang diproduksi ini akan membantu menjaga kelembaban kulit kita. Namun jika terlalu banyak akan membuat wajah tampak berminyak, pori-pori tersumbat bahkan mudah sekali berjerawat. Biasanya juga disertai dengan komedo serta noda hitam. Perawatan untuk jenis kulit ini yaitu mencuci muka minimal 2 kali sehari menggunakan sabun wajah yang memiliki kandungan propolis. Kemudian bisa juga rutin menggunakan masker madu pada wajah.

  • Kulit wajah kering

Kulit wajah kering ini terjadi jika kelembaban pada lapisan kulit terluar cenderung rendah. Akibatnya kulit kering ini mudah pecah-pecah dan terlihat seperti bersisik. Jenis kulit kering ini memiliki pori-pori yang samar namun kulit terlihat kasar dan kusam. Serta kulit kurang elastis, dan jenis kulit ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik dan meradang. Cara perawatan nya gunakan pembersih wajah dengan bahan dasar madu atau tanpa pewangi. Hindari produk yang mengandung alkohol. Dan anda juga bisa menggunakan pelembab agar kulit tidak mudah kering. Dan hindari terlalu lama mandi dan cuci muka dengan air hangat.

  • Kulit sensitif

Jenis kulit ini paling peka dengan sedikit perubahan. Seperti perubahan lingkungan ataupun penggantian produk kosmetik/perawatan yang kita gunakan. Kulit jenis ini mudah terkelupas, gatal kering, kemerahan dan terasa perih. Cara perawatan nya dengan mengetahui pemicu apa yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. gunakan sabun wajah berbahan lembut dan bilas dengan air hangat. Disarankan tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam dan pewangi.

  • Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit ini gabungan dari jenis kulit berminyak dan kulit kering. Jenis kulit ini biasanya memiliki kulit berminyak di zona T, seperti dagu, hidung dan lainnya. Cara perawatan nya dengan menggunakan produk pembersih yang berformulasi khusus untuk jenis kulit ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *